Tegar Di Atas Sunnah

Kabar Muslimah

Cara Menggoreng Kerupuk Ikan Palembang

>> Selasa, 28 September 2010

Ceritanya kemarin kami dapat oleh - oleh kerupuk ikan mentah. Jangan ditanya "siapa yang suka kerupuk palembang?", karena seluruh keluarga di rumah sangat menyukai rerupa kerupuk asli dari Palembang itu. Ianya bawaan wajib setelah pempek, setiap kali kakak yang tinggal di sana datang berkunjung ke Depok. Tapi kalau ditanya "Siapa yang mau menggoreng kerupuk palembang?", dapat dipastikan sedikit yang bersedia. Atau malah tidak ada yang bersedia? Pasalnya, proses menggorengnya cukup ribet dan merepotkan. Seribet itukah? saya jadi penasaran untuk 'mengalahkan' kesulitan tersebut (wehehehe udah macam apa ajja...)

Pertama, tentu saja mesti tanya pada yang paham menggorengnya. Biar afdhol ya orang Palembang nya langsung.
Berikut langkah - langkah menggoreng si kerupuk ikan palembang dari hasil wawancara dan tanya - tanya mbah gugel:

1. Dijemur dulu kira - kira 2 jam

2. Siapkan dua wajan. berukuran kecil dan besar.

3. Panaskan minyak goreng di atas wajan besar sampai benar-benar panas dan mengeluarkan asap. Sedangkan wajan kecil minyak gorengnya jangan dibiarkan sampai terlalu panas.

4. Masukkan kerupuk mentah ke wajan kecil dengan minyak goreng panas sedang. Sampai kerupuk mulai mengapung dan mengeluarkan warna putih di beberapa bagian kerupuk ikan.

5. Pindahkan dengan cepat kerupuk di wajan kecil ke wajan besar dengan minyak goreng yang benar-benar panas. Lalu ditekan dan diaduk sampai kerupuk benar-benar mengembang.

6. Kerupuk yang sudah masak lalu di tiriskan dengan media yang menyerap minyak dan didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam wadah.

thanx buat bang syaukat en situs ini yang telah bersedia berbagi ilmu
wew...tak coba ah

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

tamu

Pengikut

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP